Wednesday, April 22, 2015

Cara Budidaya Tambak yang Benar

Cara menjaga kualitas air tambak itu banyak, dari produk natural sampai pengunaan produk lain nya.
Biasanya kita akan menilai kualitas air dengan rasa, bau, warna, dan kurangnya organisme patogen atau kontaminan berbahaya. Seringkali rasa tidak enak, bau, atau warna menunjukkan jelas kalau air itu terkontaminasi. Sebagian besar air yang kita minum telah difilter untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dan telah memiliki klorin, ozon, atau chloramines yang ditambahkan untuk membunuh bakteri di air.

Cara membersihkan dasar tambak itu tidak bisa hanya dengan disikat, kita butuh disinfektan yang ampuh, biar penyakit sisa ternak sebelumnya tidak tertinggal dan juga memastikan tambak baru ini beneran aman dan bagus untuk ternak kedepan nya. Dasar dan dinding tambak dibersihkan dengan Aquastrong dulu setelah disikat, setelah itu kalau ternak di tanah, jaga tanah dengan zeolite, suburkan si tanah agar sehat. Dan untuk air bisa digunakan kapur nutrilime.
Bagus sekali untuk memakai alat-alat test kit karena kadang percobaan sendiri itu kurang tepat.

Kalau tambak besar, butuh aerasi dari kincir juga, untuk menjaga kadar oxygen yang biasa akan bertambah rendah dengan adanya pakan pakan ikan/ udang itu.

Kalau untuk kesehatan ternak kita, coba cek, apakah mereka sudah diberi yang cocok? bukan hanya terbaik tapi justru penting taunya apakah pakan yang diberi memang sesuai atau tidak...

Apa Pendapat mu?
Ayuk sharing dengan saya di 54C5561C 

No comments:

Post a Comment