Friday, May 22, 2015

Tips untuk para peternak

Tau ga sih kalau Zeolite itu bagus sekali untuk pertumbuhan ternak kita, bukan cuma harganya yang murah tetapi keuntungan yang akan dihasilkan juga berlipat karna ternak kita akan jauh lebih sehat, jauh lebih berbobot dibandingkan campuran pakan lain yang harganya jauh lebih mahal.

informasi lebih lanjut cek di www.isw.co.id


Tetapi pembelian zeolite memang harus dalam jumlah per ton bukan eceran.

Dalam pemakaian zeolite, bentuk zeolite harus diperhatikan dan dicocokkan dengan penggunaannya, sebabkan ukuran partikel zeolite akan mempengaruhi daya kerja dari zeolite itu sendiri.

Contoh Nyata:
Pemberian zeolite dalam bentuk kasar (granur ) katanya dalam ransum ayam broiler jantan memberikan berat badan yang lebih tinggi daripada bentuk halus (tepung), tetapi bentuk tepung memberikan efisiensi penggunaan pakan lebih baik. Selanjutnya dilaporkan bahwa dengan pemberian satu persen zeolite dalam ransum ayam broiler jantan sampai umur 21 hari, dapat memperbaiki efisiensi penggunaan makanan tetapi tidak berpengaruh pada berat badan. Sedangkan penambahan zeolite pada umur 21-50 hari dengan taraf dua sampai tiga persen memberikan perbaikan yang nyata pada pertambahan bobot badan dan efisiensi penggunaan pakan, tetapi tidak berpengaruh pada tingkat kematian, pigmentasi pada cakar dan kelembaban litter.

Peran Zeolite dalam pencernaan Ternak hewan


1) Memperlambat laju pakan dalam saluran pencernaan sehingga memberi peluang lebih besar untuk penyerapan zat-zat makanan;
2) Penyerapan zat zat anti metabolit yang menyebabkan gangguan proses pencernaan dan keracunan sehingga meningkatkan kesehatan atau mengurangi kejadiankejadian timbulnya penyakit;
3) Partikel zeolit mungkin juga dapat merangsang lapisan saluran pencernaan sehingga mengakibatkan ternak dapat membentuk antibodi, dan selanjutnya dapat bertahan dan melawan masuknya penyakit.
4) Memaksimumkan sintesis protein oleh mirobia dalam rumen dengan menggunakan amonia yang berasal dari HHP
5) Mengurangi pengaruh keracunan dari NH4+ yang tinggi dalam cairan rumen, terutama bila ruminansia diberi bahan pakan NNP misalnya urea dan biuret


Pemberian zeolite yang mengandung mineral kapur dan fosfor akan menolong peternak yang memakai ransum pakan yang kekurangan kapur dan fosfor.



1 comment:

  1. Kami menjual Zeolite untuk campuran pakan ayam :
    Hubungi 085793333234

    ReplyDelete