Friday, April 6, 2018

Perkembangan Teknologi Peralatan Pendukung Budidaya Perikanan Indonesia | dengan INFOAKUAKULTUR


1. Bagaimana ibu melihat perkembangan teknologi peralatan pendukung (KJA, Pompa, Kincir, Auto Feeder, Mixer, dll) perikanan budidaya di Indonesia saat ini? Jika dibandingkan dengan negara lain yang juga produsen peralatan pendukung perikanan budidaya seperti apa?

Perkembangan peralatan pendukung utk perikanan di Indonesia sudah cukup baik namun tetap tertinggal dengan negara tetangga sebab pemerintah belum support secara merata dan hanya befokus di beberapa daerah saja. Dengan bantuan Menteri Susi serta meningkatnya tren pembesaran sistem Supra Intensive, petambak mulai mengerti pentingnya peran peralatan untuk efesiensi tambak yang maksimal. Maka dari itu, pengunaan kincir air, pompa, HDPE adalah standard yang sudah banyak digunakan di step awal supra intensive, Autofeeder dan lainnya masi merupakan hal baru dan bisa dipertimbangkan di tahap selanjutnya. Dan juga adanya teknologi baru seperti Air Jet aerator yang ramai disukai digunakan berbarengan dengan kincir karena Air Jet berfungsi menyeburkan oksigen kedasar kolam, dan kincir di permukaan.Seperti apa penjualannya antara pasar lokal maupun luar negeri apakah ada kenaikan, tetap atau penurunan? Seperti apa perbandingan penjualan dengan negara yang juga produsen peralatan pendukung perikanan budidaya?


2. Untuk penjualan kincir Olimpia tidak ada kendala dikarenakan tidak ada perbedaan harga dari produk import maupun lokal, bisa dibilang Indonesia belum mampu membuat teknologi canggih seperti luar negeri. Memang banyak supplier kincir yang merakit di indonesia, dan hanya dinamo & gearbox saja yang diimpor, akan tetapi, pelampung dan kipas sangat jauh kualitasnya dibawah Kincir Olimpia. Pelampung Olimpia sepanjang 177cm dan sangat tebal jadi tidak mudah bocor dan kokoh kualitasnya seperti produk lokal, dan dari segi kipas juga lebih berkualitas dimana dilihat segi value harga yang bisa jadi masi lebih murah dari produk lokal.
Jika terjadi penurunan penjualan, apa yang menjadi kendalanya? Dan solusi apa yang harus diambil?

Kendala mungkin dari pemerintah yang kurang supportive di bagian Indonesia barat ini, akan lebih baik jika ada pemerataan inovasi dan sistem dalam peningkatan perikanan Indonesia secara keseluruhan.

3. Seperti apa peran pemerintah dalam memajukan produk peralatan pendukung perikanan buatan anak negeri? Apa yang seharusnya dilakukan pemerintah dalam hal ini?

Mungkin pemerintah bisa mulai meniru gaya China dan German akan teknologi mereka dan bisa bekerja sama untuk mendidik dan membudidaya anak Indonesia

No comments:

Post a Comment